Senin, 14 Mei 2012

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Buah yang tergolong keluarga melon ini tak cuma nikmat untuk melepas dahaga. Blewah juga menyimpan banyak khasiat, di antaranya memelihara jantung, mencegah kanker, serta meredam demam.

Blewah atau melon air (cucumis melo cantalupensis) adalah tanaman semak yang tumbuh merambat. Kulitnya berbintil-bintil dan dagingnya berwarna oranye. Blewah terdiri dari beberapa jenis, seperti ambroisa, bushwopper, minnesota, oval chaca, dan blewah manis yang tahan terhadap musim panas, kemarau, dan jamur bubuk. Untuk menghasilkan buah yang manis, tanaman ini memang perlu musim panas yang panjang.

Tinggi Beta-Karoten

Mungkin karena kurang enak jika dikonsumsi begitu saja, seperti halnya melon, blewah bukan termasuk buah yang dimakan sehari-hari. Padahal kandungan nutrisi yang dimiliki sangat bervariasi.

Menurut artikel dalam situs nutrifax disebutkan bahwa semangkuk blewah mengandung antara lain 3,1 mg beta-karoten, 68 mg vitamin C; 1,3 mg serat; 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium, dan 14 mg sodium. Di samping itu, unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda, juga dapat diperoleh dari blewah.

Sementara itu dalam The Journal of Food Science ditulis bahwa dalam 100 gr blewah, rata-rata berisi 12,69 mg magnesium; 0,03 mg mangan; 0,05 mg tembaga; 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt; dan 0,005 mg krom.

Mengingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, buah ini baik jika digunakan untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.

Dalam panduan RDA (Recommended Dietary Allowance), terdapat anjuran agar kita mengkonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari, untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Kita cukup mengkonsumsi blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat.

Sepuluh Besar

Nutrifax juga mengungkapkan bahwa blewah masuk dalam daftar 10 besar buah dan sayuran pencegah kanker. Ke-10 buah dan sayuran itu adalah brokoli, blewah, wortel, kangkung, mangga, labu, cabe merah, bayam, strawberi, dan kentang manis. Blewah merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat baik. Sesuai panduan RDA, kita disarankan mengkonsumsi vitamin C paling tidak 60 mg per hari, untuk melindungi tubuh dari risiko kanker.

Vitamin C juga berguna untuk menyempurnakan penyerapan zat besi yang berasal dari suplemen atau sumber zat besi selain daging. Maka, bagi ibu hamil yang umumnya mengalami anemia, mengkonsumsi blewah merupakan pilihan pintar.

Blewah ternyata juga bisa diberdayakan untuk mengusir jerawat. Dalam tugas ini dia tidak bekerja sendiri. Untuk menyembuhkan jerawat, terutama yang disebabkan gangguan hormon, perlu adanya essential fatty acids (EFAs) dan asam gamma linoleic acids (GLAs). Keduanya bekerjasama untuk mengatur kembali hormon yang terganggu. Mereka juga menurunkan produksi sebum, sehingga melenyapkan sumbatan pada pori-pori kulit.

GLAs, tulis situs tersebut, bisa didapat dari sayuran berwarna hijau dan kuning, blewah, serta telur. Dia juga menganjurkan untuk mengkonsumsi blewah tiga kali seminggu. Sedangkan kebutuhan EPAs bisa dipenuhi dari suplemen.

Dalam Ensiklopedi Juice Buah & Sayur Untuk Penyembuhan, dinyatakan bahwa blewah juga berguna untuk mengatasi radang usus. Dijelaskan kalau penyakit Crohn atau radang usus regional (autoimmunedisorder) merupakan kondisi kronis yang ditandai peradangan di bawah usus kecil atau di usus besar.

Blewah sangat kaya akan beta-karoten, pro-vitamin A, juga magnesium, mangan, seng dan krom. Semua unsur itu berguna untuk mengurangi peradangan dan memulihkan luka pada jaringan mukosal secara efektif dan alami.

Perut mulas bisa disebabkan oleh rasa khawatir berlebihan, makan tergesa-gesa tanpa dikunyah sampai halus, makanan yang mengandung banyak bumbu, mengkonsumsi alkohol, obat-obatan, atau penimbunan gas pada usus. Jika Anda mengalami keluhan semacam itu, minumlah jus blewah. Gula alami dan enzim yang dikandungnya berfungsi membantu penyerapan pada usus, sehingga semua keluhan itu pun teratasi.

1 komentar:

  1. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat : DISINI
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166


    Langsung daftar ke link resmi kami >>> KLIK DISINI <<<

    BalasHapus