Jumat, 04 Mei 2012

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan


Jeruk,siapa sih yang tidak mengenal buah ini ?Buah yang sudah sangat populer sebagai buah yang kaya Vitamin C ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Buah ini sangat mudah didapatkan,karena buah jeruk selalu ada di setiap musim.Kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional,mini market,super market,atau bisa juga langsung dicari ke kebunnya.

Manfaat jeruk tercermin dalam rasanya yang segar walaupun agak masam atau manis atau ada juga yang agak pahit. Jeruk mengandung banyak vitamin, mineral, serta serat esensial yang tak bisa diproduksi oleh tubuh. Dengan kandungan tersebut, salah satu manfaat jeruk adalah menjaga daya tahan dan keseimbangan tubuh agar tetap normal.

Mungkin selama ini ,kita hanya mengenal buah jeruk hanya mengandung vitamin C.Namun,tidak hanya mengandung vitamin C,buah jeruk juga mengandung zat-zat lain yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.Untuk itu,berikut adalah kandungan jeruk serta manfaat jeruk bagi kesehatan :

1.Buah Jeruk mengandung vitamin C.
Kandungan vitamin C pada jeruk mungkin semuanya sudah tahu.Satu jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.

2.Buah Jeruk mengandung Antioksidan.
Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.

3.Buah Jeruk Kaya Vitamin B6
Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.


4.BuahJerukKayabeta-cryptoxanthin
           Buah jeruk juga kaya akan beta- cryptoxanthin  .Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.

5.Buah Jeruk mengandung serat atau polisakarida non-pati.
Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.Juga untuk membantu memperlambat proses pengosongan lambung,sehingga sangat baik dikonsumsi  bagi  yang sedang menjalani program diet.


1 komentar: